BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam rangka meningkatkan kemampuan pendidik, mereka harus memiliki dasar empiris yang kuat untuk mendukung profesi mereka sebagai pengajar. Kenyataan yang ada, kurikulum yang selama ini diterapkan di sekolah menengah kurang mampu mempersiapkan siswa untuk masuk ke perguruan tinggi. Kemudian kurangnya akan pentingnya relevansi pendidikan untuk mengatasi masalah-masalah sosial budaya, serta bagaimana bentuk pengajaran untuk siswa dengan beragam kemampuan intelektual.
B. Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas, kita bisa menentukan rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini, yaitu :
1. Apa pengertian teori deskriptif dan preskriptif?
2. Apa perbedaan teori deskriptif dan preskriptif?
3. Apa kelebihan dan kekurangan teori deskriptif dan preskriptif?
4. Apa saja hal-hal yang terkait dengan teori deskriptif dan preskriptif?
2. Apa perbedaan teori deskriptif dan preskriptif?
3. Apa kelebihan dan kekurangan teori deskriptif dan preskriptif?
4. Apa saja hal-hal yang terkait dengan teori deskriptif dan preskriptif?
C. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dalam penulisan karya ilmiah ini, yaitu :
1. Untuk mengetahui teori deskriptif dan preskriptif.
2. Untuk mengetahui perbedaan teori deskriptif dan preskriptif.
3. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan teori deskriptif dan preskriptif.
4. Untuk mengetahui hal-hal yang terkait dengan teori deskriptif dan preskriptif.
2. Untuk mengetahui perbedaan teori deskriptif dan preskriptif.
3. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan teori deskriptif dan preskriptif.
4. Untuk mengetahui hal-hal yang terkait dengan teori deskriptif dan preskriptif.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Teori Deskriptif dan Preskriptif
Teori belajar adalah deskriptif karena tujuan utamanya menjelaskan proses belajar, sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal.
Adapun contoh teori deskriptif yaitu :
Jika membuat rangkuman tentang isi buku teks yang dibaca, maka retensi terhadap isi buku teks itu akan lebih baik.
Adapun Teori pembelajaran preskriptif dimaksudkan untuk mencapai tujuan, sedangkan teori pembelajaran deskriptif dimaksudkan untuk memberikan hasil. itulah sebabnya, variabel yang diamati dalam teori-teori pembelajaran yang preskriptif adalah metode yang optimal untuk mencapai tujuan.
Adapun contoh nya yaitu:
Agar dapat mengingat isi buku teks yang dibaca secara lebih baik, maka bacalah isi buku tersebut berulang-ulang dan buatlah rangkumannya.
Ada beberapa pendapat teori belajar deskriptif dan preskriptif menurut :
1. Menurut Bruner
Teori pembelajaran adalah preskriptif dan teori belajar adalah deskriptif. Preskriptif karena tujuan utama teori pembelajaran adalah menetapkan metode pembelajaran yang optimal, sedangkan deskriptif karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar.
2. Menurut Reigeluth
Teori preskriptif adalah goal oriented, sedangkan teori deskriptif adalah goal free. Maksudnya adalah bahwa teori pembelajaran preskriptif dimaksudkan untuk mencapai tujuan, sedangkan teori pembelajaran deskriptif dimaksudkan untuk memberikan hasil. Maksudnya adalah bahwa teori pembelajaran perspektif dimaksudkan untuk mencapai tujuan, sedangkan teori belajar deskriptif dimaksudkan untuk memberikan hasil. Itulah sebabnya variable yang diamati dalam mengembangkan teori belajar yang perspektif adalah metode yang optimal untuk mencapai tujuan, sedangkan dalam pengembangan teori pembelajaran deskriptif, variable yang diamati adalah hasil belajar sebagai akibat dari interaksi antara metode dan kondisi.
Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Teori belajar menaruh perhatian pada ”bagaimana seseorang belajar”. Sebaliknya teori pembelajaran menaruh pehatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain untuk belajar. Teori pembelajaran berurusan dengan upaya mengontrol variabel-variabel.
Teori pembelajaran mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dan proses psikologis dalam diri siswa. Sedangkan teori belajar mengungkapkan hubungan antara kegiatan siswa dan proses psikologis dalam diri siswa. Teori pembelajaran harus memasukan variabel metode pembelajaran.
B. Perbedaan Teori Belajar Deskriptif dan Teori Belajar Preskriptif
1. Teori belajar adalah deskriptif karena tujuan utamanya adalah menjelaskan proses belajar, sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal.
2. Teori pembelajaran preskriptif dimaksudkan untuk mencapai tujuan, sedangkan teori pembelajaran deskriptif dimaksudkan untuk memberikan hasil, itulah sebabnya variabel yang diamati dalam teori-teori pembelajaran preskriptif adalah metode yang optimal untuk mencapai tujuan.
3. Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar atau bagaimana seseorang belajar.
4. Teori pembelajaran menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar atau upaya mengontrol variabel-variabel yang di spesifikasikan dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar.
5. Teori prespektif adalah goal oriented (untuk mencapai tujuan) sedangkan teori deskriptif adalah goal free (untuk memberikan hasil).
Dari perspektif lain, Simon mengemukakan perbedaan serupa dengan memaparkan persamaan a prespective science dan membandingkan dengan karakteristik a descriptive science. Dengan ini teori pembelajaran termasuk teori preskriptif yang berpasangan dengan teori belajar termasuk teori deskriptif.
Teori-teori belajar menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yangg menentukan hasil belajar pada “bagaimana seseorang belajar” sebaliknya tepri pembelajaran menaruh pehatian bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain untuk belajar.C. Kelebihan dan Kekurangan Teori Belajar Deskriptif dan Preskriptif
Kelebihan dari teori belajar deskriptif lebih terkonsep sehingga siswa lebih memahami materi yang akan disampaikan dan juga mendorong siswa untuk mencari sumber pengetahuan sebanyak-banyaknya dalam mengerjakan suatu tugas. Sedangkan kekurangannya adalah kurang memperhatikan sisi psikologis siswa dalam mendalami suatu materi.
Kelebihan teori preskriptif adalah lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas, banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar, serta mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimalsedangkan kekurangannya adalah membutuhkan waktu yang cukup lama.
D.Teori Belajar dan Pembelajaran Terkait Teori Belajar Deskriptif dan Preskriptif
Bruner mengatakan bahwa teori pembelajaran bersifat preskriptif , yang berarti suatu yang ada sebelum adanya fakta. Sifat itu adalah sesuatu yang ada sebelum proes belajar terjadi. Teori pembelajaran harus mampu menghubungkan antara hal yang ada sekarang dan begaimana menghasilkan hal tersebut. Teori belajar menjelaskan dengan pasti apa yang terjadi, namun teori pembelajaran hanya membimbing apa yang harus dilakukan untuk menghasilkan hal tersebut.
Ada empat hal yang tekait dengan teori pembelajaran, yakni sebagai berikut:
1. Teori pembelajaran harus memperhatikan bahwa terdapat banyak kecenderungan cara belajar siswa.kecenderungan ini sudah dimiliki siswa jauh sebelum ia masuk sekolah.
2. Teori ini juga terkait dengan adanya struktur pengetahuan. Ada tiga hal yang terkait dengan struktur pengetahuan:
a. Struktur pengetahuan harus mampu menyederhanakan suatu informasi yang sangat luas.
b. Struktur tersebut harus mampu membawa siswa kepada hal-hal yang baru, melebihi informasi yang dijelaskan.
c. Struktur pengetahuan harus mampu meluaskan cakrawala berpikir siswa dan mengombinasikannya dengan ilmu-ilmu lain.
3. Teori pembelajaran juga terkait dengan hubungan yang optimal. Seorang guru harus mampu mencari hubungan yang mudah tentang sesuatu yang akan diajarkan agar murid lebih mudah menangkap informasi tersebut.
4. Teori pembelajaran terkait dengan penghargaan dan hukuman.
Teori belajar adalah deskriptif karena tujuan utamanya menjelaskan proses belajar, sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal.
Adapun contoh teori deskriptif yaitu :
Jika membuat rangkuman tentang isi buku teks yang dibaca, maka retensi terhadap isi buku teks itu akan lebih baik.
Adapun Teori pembelajaran preskriptif dimaksudkan untuk mencapai tujuan, sedangkan teori pembelajaran deskriptif dimaksudkan untuk memberikan hasil. itulah sebabnya, variabel yang diamati dalam teori-teori pembelajaran yang preskriptif adalah metode yang optimal untuk mencapai tujuan.
Adapun contoh nya yaitu:
Agar dapat mengingat isi buku teks yang dibaca secara lebih baik, maka bacalah isi buku tersebut berulang-ulang dan buatlah rangkumannya.
Ada beberapa pendapat teori belajar deskriptif dan preskriptif menurut :
1. Menurut Bruner
Teori pembelajaran adalah preskriptif dan teori belajar adalah deskriptif. Preskriptif karena tujuan utama teori pembelajaran adalah menetapkan metode pembelajaran yang optimal, sedangkan deskriptif karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar.
2. Menurut Reigeluth
Teori preskriptif adalah goal oriented, sedangkan teori deskriptif adalah goal free. Maksudnya adalah bahwa teori pembelajaran preskriptif dimaksudkan untuk mencapai tujuan, sedangkan teori pembelajaran deskriptif dimaksudkan untuk memberikan hasil. Maksudnya adalah bahwa teori pembelajaran perspektif dimaksudkan untuk mencapai tujuan, sedangkan teori belajar deskriptif dimaksudkan untuk memberikan hasil. Itulah sebabnya variable yang diamati dalam mengembangkan teori belajar yang perspektif adalah metode yang optimal untuk mencapai tujuan, sedangkan dalam pengembangan teori pembelajaran deskriptif, variable yang diamati adalah hasil belajar sebagai akibat dari interaksi antara metode dan kondisi.
Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Teori belajar menaruh perhatian pada ”bagaimana seseorang belajar”. Sebaliknya teori pembelajaran menaruh pehatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain untuk belajar. Teori pembelajaran berurusan dengan upaya mengontrol variabel-variabel.
Teori pembelajaran mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dan proses psikologis dalam diri siswa. Sedangkan teori belajar mengungkapkan hubungan antara kegiatan siswa dan proses psikologis dalam diri siswa. Teori pembelajaran harus memasukan variabel metode pembelajaran.
B. Perbedaan Teori Belajar Deskriptif dan Teori Belajar Preskriptif
1. Teori belajar adalah deskriptif karena tujuan utamanya adalah menjelaskan proses belajar, sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal.
2. Teori pembelajaran preskriptif dimaksudkan untuk mencapai tujuan, sedangkan teori pembelajaran deskriptif dimaksudkan untuk memberikan hasil, itulah sebabnya variabel yang diamati dalam teori-teori pembelajaran preskriptif adalah metode yang optimal untuk mencapai tujuan.
3. Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar atau bagaimana seseorang belajar.
4. Teori pembelajaran menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar atau upaya mengontrol variabel-variabel yang di spesifikasikan dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar.
5. Teori prespektif adalah goal oriented (untuk mencapai tujuan) sedangkan teori deskriptif adalah goal free (untuk memberikan hasil).
Dari perspektif lain, Simon mengemukakan perbedaan serupa dengan memaparkan persamaan a prespective science dan membandingkan dengan karakteristik a descriptive science. Dengan ini teori pembelajaran termasuk teori preskriptif yang berpasangan dengan teori belajar termasuk teori deskriptif.
Teori-teori belajar menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yangg menentukan hasil belajar pada “bagaimana seseorang belajar” sebaliknya tepri pembelajaran menaruh pehatian bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain untuk belajar.C. Kelebihan dan Kekurangan Teori Belajar Deskriptif dan Preskriptif
Kelebihan dari teori belajar deskriptif lebih terkonsep sehingga siswa lebih memahami materi yang akan disampaikan dan juga mendorong siswa untuk mencari sumber pengetahuan sebanyak-banyaknya dalam mengerjakan suatu tugas. Sedangkan kekurangannya adalah kurang memperhatikan sisi psikologis siswa dalam mendalami suatu materi.
Kelebihan teori preskriptif adalah lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas, banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar, serta mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimalsedangkan kekurangannya adalah membutuhkan waktu yang cukup lama.
D.Teori Belajar dan Pembelajaran Terkait Teori Belajar Deskriptif dan Preskriptif
Bruner mengatakan bahwa teori pembelajaran bersifat preskriptif , yang berarti suatu yang ada sebelum adanya fakta. Sifat itu adalah sesuatu yang ada sebelum proes belajar terjadi. Teori pembelajaran harus mampu menghubungkan antara hal yang ada sekarang dan begaimana menghasilkan hal tersebut. Teori belajar menjelaskan dengan pasti apa yang terjadi, namun teori pembelajaran hanya membimbing apa yang harus dilakukan untuk menghasilkan hal tersebut.
Ada empat hal yang tekait dengan teori pembelajaran, yakni sebagai berikut:
1. Teori pembelajaran harus memperhatikan bahwa terdapat banyak kecenderungan cara belajar siswa.kecenderungan ini sudah dimiliki siswa jauh sebelum ia masuk sekolah.
2. Teori ini juga terkait dengan adanya struktur pengetahuan. Ada tiga hal yang terkait dengan struktur pengetahuan:
a. Struktur pengetahuan harus mampu menyederhanakan suatu informasi yang sangat luas.
b. Struktur tersebut harus mampu membawa siswa kepada hal-hal yang baru, melebihi informasi yang dijelaskan.
c. Struktur pengetahuan harus mampu meluaskan cakrawala berpikir siswa dan mengombinasikannya dengan ilmu-ilmu lain.
3. Teori pembelajaran juga terkait dengan hubungan yang optimal. Seorang guru harus mampu mencari hubungan yang mudah tentang sesuatu yang akan diajarkan agar murid lebih mudah menangkap informasi tersebut.
4. Teori pembelajaran terkait dengan penghargaan dan hukuman.
BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
Teori belajar adalah deskriptif karena tujuan utamanya menjelaskan proses belajar, sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal.
Perbedaan kedua teori ini yakni Teori belajar adalah deskriptif karena tujuan utamanya adalah menjelaskan proses belajar, sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal, teori pembelajaran preskriptif dimaksudkan untuk mencapai tujuan, sedangkan teori pembelajaran deskriptif dimaksudkan untuk memberikan hasil.
Kelebihan teori deskriptif yakni lebih terkonsep sedangkan preskriptif yakni arah dan tujuannya jelas, sedangkan kekurangannya teori deskriptif yakni kurang memperhatikan sisi psikologis peserta didik, sedangkan teori preskriptif yakni membutuhkan waktu cukup lama.
B.Saran
Dengan membaca makalah ini penulis berharap pembaca akan lebih memahami makna tentang teori pembelajaran, dengan begitu seorang pendidik akan lebih menerapkan konsep dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik akan menjadi berkualitas .
Teori belajar adalah deskriptif karena tujuan utamanya menjelaskan proses belajar, sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal.
Perbedaan kedua teori ini yakni Teori belajar adalah deskriptif karena tujuan utamanya adalah menjelaskan proses belajar, sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal, teori pembelajaran preskriptif dimaksudkan untuk mencapai tujuan, sedangkan teori pembelajaran deskriptif dimaksudkan untuk memberikan hasil.
Kelebihan teori deskriptif yakni lebih terkonsep sedangkan preskriptif yakni arah dan tujuannya jelas, sedangkan kekurangannya teori deskriptif yakni kurang memperhatikan sisi psikologis peserta didik, sedangkan teori preskriptif yakni membutuhkan waktu cukup lama.
B.Saran
Dengan membaca makalah ini penulis berharap pembaca akan lebih memahami makna tentang teori pembelajaran, dengan begitu seorang pendidik akan lebih menerapkan konsep dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik akan menjadi berkualitas .
DAFTAR PUSTAKA
Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Siregar, Eviline dan Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
http :// bimprippt19.blogspot.com
Terima Kasih Telah Membaca Postingan Ini, semoga bermanfaat!
EmoticonEmoticon